Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

 



 


 

Hari Sampah Nasional, Ampel Indonesia : Semua pihak Harus Mendukung Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Limbah dan Sampah


Jakarta, POTRETSATU.COM || Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari tiap tahunnya. Yang dimana HPSN tahun 2024 jatuh pada hari Rabu. Hari Peduli Sampah Nasional semua Pihak harus mendukung penurunan Emisi gas rumah kaca dari sektor Limbah dan Sampah.

Dari longsornya gundukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 tercetuslah Hari Peduli Sampah Nasional, kala itu Gunungan sampah Setinggi 60 meter dengan panjang sekitar 200 meter longsor akibat ledakan gas metana yang dikeluarkan dari sampah

Dari kejadian ini timbullah peringatan Hari Peduli Sampah Nasional dan dari itu lembaga lingkungan Hidup Ampel Indonesia mengajak seluruh masyarakat Harus Mendukung Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Limbah dan Sampah.

"Mati kita semua harus peduli sampah karena partikel-partikel plastik dari sampah akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan, marilah kita mendukung Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Sektor Limbah dan Sampah." Kata ketua Umum Ampel Indonesia yang biasa di panggil Guruh.

sampah juga menyebabkan polusi air. Ketika bahan kimia dan zat beracun berbahaya menumpuk di sekitar pabrik pembuangan limbah, bahan ini akan mengalir ke sumber air terdekat. Kemudian, meresap ke dalam tanah dan mempengaruhi kualitas air.

Tambah Guruh " sudah saatnya kita harus melaporkan jika ada penumpukan sampah ditempat tempat pembuangan ilegal yang sangat merugikan masyarakat sekitar." Tegasnya.

>Red.